Selasa, 13 November 2012

Sebab Kemunculan Islam Wetu Telu

Islam Wetu Telu

Secara rinci dapat dijelaskan bahwa sebab-sebab munculnya Islam Wetu Telu sebagai berikut: 
1. Akibat proses Islamisasi yang belum tuntas menjadi penyebab utama munculnya Islam Wetu Telu. Hal dapat telihat bahwa: 
a. Kedatangan Islam pada saat kuatnya kepercayaan tradisional seperti animisme, dinamisme, antropomorfisme (Boda). 
b. Dominasi ajaran Hindu Majapahit yang telah mendalam. 
c. Para mubalig yang menyampaikan Ajaran Islam meninggalkan tempat tersebut untuk menyebarkan agama Islam ke tempat/daerah lain seperti Sumbawa, Dompu dan Bima. 
d. Para murid yang melanjutkan pengajaran agama Islam memiliki keilmuan tentang Islam yang belum tuntas dari gurunya. 
e. Keengganan dan ketidakmampuan menafsirkembangkan ajaran Islam. 
2. metode dakwah yang tidak merusak adat istiadat setempat. Sikap toleran para mubalig terhadap kepercayaan lokal tradisional menimbulkan persepsi tersendiri di kalangan masyarakat Sasak bahwa ajaran Islam sejatinya tidak berbeda dengan kepercayaan leluhurnya. 
3. kebijakan politik keagamaan para penguasa Hindu-Bali di Lombok yang secara umum menghambat proses pembinaan keagamaan umat Islam. 
4. penyebaran agama Hindu secara aktif dilangsungkan menyusul semakin pudarnya keislaman pada masyarakat Sasak. Demikian (Nirartha), seorang pendeta berkasta Brahmana yang aktif berusaha menyebarkan Hindu berdasarkan pendapat dari raja Bali. Dalam praktiknya, ia mencoba meramu antar unsur dalam ajaran Islam, Hindu dan kepercayaan tradisional (boda) masyarakat.

0 komentar:

Posting Komentar

Berita kami semua bersifat Dofolow, dan silahkan untuk para pengunjung masukkan komentar anda sesuai dengan karakter yang kami bahas di setiap postingan kami, terimakasih...!!!

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More