Selasa, 13 November 2012

Daun Sirih

Daun Obat

lombok - Indonesia merupakan negara yang mempunyai jenis tumbuhan yang banyak. Semua tumbuhan yang ada di Indonesia pasti ada manfaatnya. Salah satu tumbuhan yang banyak manfaatnya ialah daun sirih atau di sebut dengan daun lekok dalam bahasa sasaq, apa saja manfaat daun sirih tersebut?
Sirih merupakan tanaman asli Indonesia yang tumbuh merambat atau bersandar pada batang pohon lain. Sebagai budaya, daun dan buah sirih biasa dimakan dengan cara mengunyah bersama gambar, pinang dan kapur/apoh.
Seperti dilansir Wikipedia, sirih digunakan sebagai tanaman obat (fitofarmaka), dan sangat berperan dalam kehidupan dan berbagai upacara, semisal adat rumpun sasaq.
Minyak Atsiri dari daun sirih juga mengandung zat samak dan kavikol yang memiliki daya mematikan kuman, antioksidasi dan fungisida, serta anti jamur. Sirih berkhasiat menghilangkan bau badan yang ditimbulkan bakteri dan cendawan.
SANGAT BERGUNA....!!!

Tanaman Obat

Daun sirih juga bersifat menahan pendarahan, menyembuhkan luka pada kulit, dan gangguan saluran pencernaan. Selain itu juga bersifat mengerutkan, mengeluarkan dahak, meluruhkan ludah, hemostatik atau menghentikan pendarahan.
Biasanya daun sirih dikenal juga untuk obat hidung berdarah, dipakai 2 lembar daun segar trus dicuci, digulung (piper betle), kemudian dimasukkan ke dalam lubang hidung. Selain itu, kandungan bahan aktif fenol dan kavikol daun sirih hutan, konon juga dapat dimanfaatkan sebagai pestisida nabati untuk mengendalikan hama penghisap dan perusak tanaman.


0 komentar:

Posting Komentar

Berita kami semua bersifat Dofolow, dan silahkan untuk para pengunjung masukkan komentar anda sesuai dengan karakter yang kami bahas di setiap postingan kami, terimakasih...!!!

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More