Minggu, 11 November 2012

Parade Budaya Berlangsung Meriah

Parade Lombok Tengah

Dalam rangka menyambut Hari Jadi Kabupaten Lombok Tengah yang ke–67 yang jatuh pada tanggal 15 Oktober 2012 mendatang, diadakan Parade Budaya yang berlangsung dengan semarak. Ribuan peserta parade dari 12 Kecamatan yang ada di Lombok Tengah, Perwakilan SPKD, serta unsur–unsur masyarakat lainnya, diantaranya dari Etnis Tiong Hoa Lombok Tengah, Persatuan Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Lombok Tengah, Etnis Bima–Dompu juga ikut memeriahkan pelaksanaan parade.

Para peserta parade mulai berdatangan ke Kantor Bupati Lombok Tengah yang menjadi lokasi pelepasan parade sekitar pukul 13.00 Wita. Ribuan peserta yang menampilkan berbagai macam seni budaya, mulai dari penampilan pakaian adat hingga pertunjukan berbagai macam kesenian, mulai dari kesenian tradisional berupa Gendang Beleq, Cilokak, Rebana Kasidah hingga beberapa kesenian yang bersifat modern seperti penampilan Drum Band dan Kecimol.
Tidak ketinggalan juga penampilan yang khusus dari Etnis Tiong Hoa berupa pertunjukan Tari Barongsai yang membuat decak kagum ribuan masyarakat yang menyaksikannya. Begitu pula dengan aksi Tari Barong yang ditampilkan oleh PHDI Lombok Tengah, serta pertunjukan budaya Adu Kepala atau yang terkenal dengan budaya “Ntumbu” yang dipertunjukkan oleh Etnis Bima-Dompu. Dari 12 kecamatan yang ada di Lombok Tengah, rata–rata menampilkan seni budaya berupa prosesi Nyongkolan, berupa iring–iringan pengantin, yang kemudian diikuti oleh Tetabuhan Gendang Beleq, Cilokak dan Kecimol.
Sementara antusiasme masyarakat sendiri dalam menyaksikan parade seni budaya tersebut sangat tinggi. Ribuan masyarakat tumpah ruah di sepanjang jalan yang dilalui oleh peserta parade. Begitu tiba di depan panggung kehormatan, sejumlah kesenian yang mengikuti parade, baik berupa Gendang Beleq, Barongsai, Seni Ntumbu dan lainnya beratraksi. Atraksi yang dilakukan membuat ribuan penonton yang tumpah ruah menyaksikan jalannya parade tersebut terhibur. Begitu pula dengan para tamu kehormatan yang berada di panggung kehormatan.
Setelah melakukan atraksi di depan panggung kehormatan, para peserta parade kemudian melanjutkan perjalanan melintasi jalan raya depan SMPN 2 Praya kearah timur. Sesampainya di lampu merah perempatan Toyang, para peserta kemudian berbelok kearah kanan melintasi pusat pertokoan Praya sampai perempatan pojok timur–selatan kantor Bupati Lombok Tengah. Pesertapun kembali belok kanan menuju arah lapangan Muhajirin, dan parade pun berkahir di Lapangan Muhajirin Praya.

0 komentar:

Posting Komentar

Berita kami semua bersifat Dofolow, dan silahkan untuk para pengunjung masukkan komentar anda sesuai dengan karakter yang kami bahas di setiap postingan kami, terimakasih...!!!

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More