Senin, 12 November 2012

Tarung Presean

Tarung Presean

Salah satu seni bela diri yang menjadi warisan nenek moyang suku sasak. Pada awalnya perisaian di lakukan hanya untuk menguji kemampuan ilmu seseorang yang dalam prakteknya menggunakan pedang. Sesuai dengan perkembangan zaman maka perisaian dalam permainannya yaitu rotan yang ujungnya diberi campuran aspal dan pecahan beling yang di tumbuk halus disebut penjalin. Alat yang menangkis, menepis atau melindungi diri dari pukulan penjalin di sebut, ende. Ende terbuat dari kulit sapi atau kerbau. Pakaian pemain di lengkapi sapuq (penutup kepala) dan kain panjang.
Perisaian pada zaman dahulu dilaksanakan saat setelah selesai panen di malam hari saat bulan purnama. Perisaian di lakukan oleh 2 orang laki-laki yang diadu oleh pengembar dan seorang juri yang akan memberikan nilai. Seorang pemain dinyatakan kalah, dengan apabila sudah keluar darah dari kepala yang disebut bocor, atau di nyatakan kalah angka oleh juri.

0 komentar:

Posting Komentar

Berita kami semua bersifat Dofolow, dan silahkan untuk para pengunjung masukkan komentar anda sesuai dengan karakter yang kami bahas di setiap postingan kami, terimakasih...!!!

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More